PEMAPARAN PEMBANGUNAN ZI OLEH KOORDINATOR AREA

Untuk memberikan motivasi dan internalisasi nilai-nilai dalam ZI bagi seluruh pegawai PA Mungkid, telah dilakukan pemaparan pembangunan ZI oleh Koordinator Area yang berlangsung di Aula PA Mungkid, Selasa, 07 September 2021, pukul 15.30 s.d. 16.30 WIB dan diikuti oleh seluruh Hakim, Panitera, Plt. Sekretaris dan para pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan serta staf.

Pemaparan pembangunan ZI oleh Koordinator Area I (Manajemen Perubahan), Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. yang didampingi oleh anggota tim area dalam pengantarnya mengutip cuitan twitter Rumah Perubahan yang digagas oleh Prof. Rhenal Kasali, yang menyatakan bahwa ‘perubahan belum tentu menjadikan sesuatu lebih baik, akan tetapi tanpa perubahan tak akan ada kemajuan’. Perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka merubah pola pikir pegawai menuju ke arah yang lebih baik serta mewujudkan budaya kerja di satuan kerjanya, sehingga tercipta lingkungan kerja yang benar-benar bebas korupsi dan berkinerja baik.

Tujuan Manajemen Perubahan adalah mengubah secara sistematis dan konsisten terhadap mekanisme kerja, pola pikir dan budaya kerja dengan indikator terbentuknya Tim Kerja, adanya Dokumen Rencana Pembangunan ZI dan adanya kegiatan Pemantauan dan Evaluasi serta ditetapkannya role model dari unsur pimpinan dan agen perubahan dari unsur Hakim, kepaniteraan dan kepegawaian, dengan target meningkatnya komitmen aparatur, terwujudnya perubahan pola pikir dan budaya kerja serta menurunnya risiko kegagalan program.

Pemaparan Area II tentang Penataan Tata Laksana disampaikan oleh Koordinator Area, Sultan Hakim, S.Ag., S.H. dengan didampingi oleh para anggota tim area yang menyatakan bahwa tujuan penataan tata laksana adalah mewujudkan sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efisien, efektif, dan terukur dengan indikator adanya SOP, e-Office (SIPP, SIKEP, Persuratan, Perpustakaan), keterbukan informasi publik melalui (SIPP-Web, e-Court, SIWAS, Direktori Putusan, Website), dengan target meningkatnya penggunaan TI dan efisensi serta efektivitas proses manajemen kinerja.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua PA Mugkid, Ahmad Jamil, S,Ag., M.H. dan wakilnya, Indra Fitriadi, S.Ag., M.Ag., itu berlangsung dalam suasana semangat dan optimis bahwa PA Mungkid mampu meraih predikat WBK dari KemenPAN-RB dengan modal kompak dan konsisten menjalankan apa yang menjadi program serta nilai-nilai dalam ZI.

Wakil Ketua selaku Ketua Tim Pembangunan ZI menyampaikan ulasan tentang pemahaman pembangunan ZI dan motivasi secara lebih detail dari kedua area yang telah disampaikan oleh para ketua koordinator tersebut [irf].