Pengadilan Agama Mungkid
05 Feb

Selasa, 4 Februari 2020 bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Mungkid, mahasiswa PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) IAIN Purwokerto bersama dengan Pembimbing Lapangan H. Masrukhin, S.H, M. Ag. (Hakim Pengadilan Agama Mungkid) telah melaksanakan Post Test setelah melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Mungkid sejak tanggal, 6 Januari 2020.
Kegiatan Post Test ini merupakan agenda dari Pengadilan Agama Mungkid sebagai bentuk evaluasi dari materi yang telah dipelajari mahasiswa peserta PPL di Instansi pendidikan atau Universitas, dan dari beberapa materi yang diberikan oleh Hakim Pengadilan Agama Mungkid dalam kuliah umum yang direlevansikan dengan praktik lapangan, dengan maksud apakah mahasiswa PPL sudah mengerti dan memahami mengenai materi yang diberikan selama perkuliahan dengan realitas praktis di lembaga peradilan.
Karena praktek pengalaman lapangan ini merupakan sebagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami realitas praktis di lembaga peradilan khususnya Pengadilan Agama Mungkid, dan sebagai penerapan ilmu tertentu dalam bentuk observasi, pengamatan, latihan, praktek, maupun penelitian. Maka dari itu manfaat dari diadakannya post test ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengetahuan dan pemahaman yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian materi dan praktek di Pengadilan. Hasil post test ini dibandingkan dengan hasil pre test yang telah dilakukan sehingga akan diketahui seberapa jauh efek atau pengetahuan dari pengajaran yang telah dilakukan.
Adapun rangkaian kegiatan post test tersebut adalah pemberian soal secara tertulis oleh Pembimbing Lapangan. Kemudian dilanjutkan sesi diskusi dimana dalam forum diskusi mahasiswa terlihat aktif untuk menyampaikan pertanyaan terkait dengan pengetahuan dan pengalaman selama praktik di Pengadilan Agama Mungkid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *