Pengadilan Agama Mungkid
29 Oct

Keseriusan pengadilan agama dalam mengimplementasi 9(Sembilan) aplikasi inovasi Ditjen Badilag yang bertujuan guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Pengadilan Agama  se-wilayah koordinator kedu. Mengadakan Rapat Koordinator dengan agenda  sosialisasi 9 (Sembilan) aplikasi, dengan mendatangkan narasumber Tim Pengembangan Teknologi Informasi dan Website Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. (Ketua Pengadilan Agama Purworejo), Drs. Khotibul Umam (Hakim PA Wonosobo), dan Ardan Arifuddin  (PPNPN Pengadilan Agama Mungkid).

bertempat di Borobudur International Golf kota Magelang. Yang dihadiri oleh Pengadilan Agama dalam wilayah hukum PTA Jawa Tengah khususnya Pengadilan Agama diwilayah se-koordinator kedu diantaranya : PA Mungkid, PA Magelang, PA Kebumen, PA Temanggung, PA Wonosobo, PA Purworejo  Dari tiap PA tersebut hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua, Wakil ketua, Panitera, Sekretaris, dan admin IT.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya kemudian dilanjutkan doa yang dibacakan oleh Drs. H. Ayip, M.H (Wakil ketua PA Mungkid) kemudian dilanjutkan pembukaan acara oleh Ketua Koordinator PA Se-Koordinator KEDU Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H (Ketua PA Mungkid) dalam sambutannya beliu menyampaikan tujuan diadakan kegiatan sosialisasi 9 (sembilan) Aplikasi ini adalah sebagai momentum untuk membahas, memonitoring dan evaluasi implementasi 9 (Sembilan) aplikasi inovasi pelayanan peradilan agama sesuai dengan surat dirjen nomor 3342/DJA/VII/2019 tanggal 10 Juli 2019. Sehingga dapat segera diterapkan di setiap satker pangadilan agama khusunya wilayah koordinator kedu . hingga terwujudnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan lebih baik.

Setelah acara pembukaan oleh ketua koordinator dilanjutlkan dengan kegiatan sosialisasi oleh Tim Pengembangan Teknologi Informasi dan Website Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dalam Pembahasan yang disampaikan yaitu memaparkan satu persatu mengenai  9 (sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan mengenai sasaran dan tujuan dibangunnya aplikasi tersebut serta kinerja dan instalasi. 9 (sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan yang dibahas diantaranya adalah:

  1. Aplikasi Antrian Sidang;
  2. Aplikasi lnfonuasi Produk Pengadilan;
  3. Aplikasi Notifikasi Perkara;
  4. Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinan;
  5. Aplikasi PNBP Fungsional;
  6. Aplikasi e-Eksaminasi;
  7. Aplikasi e-Register dan;
  8. Aplikasi e-Keuangan;
  9. Command Center Badilag;

Acara sosialisasi 9 (Sembilan) aplikasi, ditutup pukul 15:00 Wib dengan diakhiri sesi tanya jawab oleh seluruh peserta sosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *