Pengadilan Agama Mungkid
17 Oct

17 Oktober 2019 tepat pukul 10.30 WIB, dalam rangka pembinaan PNBP ke satker Pengadilan Agama Mungkid, Kedatangan Tim dari Bagian PNBP Mahkamah Agung RI berdasarkan Surat Tugas Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI nomor : Bua.3/686/ST/IX/2019 tanggal 2 September 2019. Adapun personil tim yaitu Jamaluddin, S.H., M.H.,(Kepala Bagian PNBP BUA MA RI),  Jatmiko Hendro Yuwono, S.Kom (Kepala Sub Bagian PNBP Peradilan C BU MA RI))

Dalam pembinaan PNBP tersebut, pihak yang terkait di Pengadilan Agama Mungkid yaitu Bendahara Penerimaan, Kasir, Operator SAIBA, Panitera Muda, Panitera, dan Sekretaris. Dan yang menjadi objek utama adalah laporan PNBP mulai dari tahap awal penerimaan sampai dengan tahap akhir pelaporan dengan perincian sebagai berikut :

  1. Bukti Terima uang dari Kasir / Bagian Hukum;
  2. Bukti SBS dari Bendahara Penerimaan ke Kasir;
  3. Bukti Setor ke Simponi;
  4. Pembukuan dan Pelaporan.

Tim dari Bagian PNBP Mahkamah Agung RI dapat memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama Mungkid dalam  pelaksanaan pemungutan / penerimaan sampai dengan pelaporan sudah berjalan cukup baik, namun masih ada beberapa yang perlu diperbaiki. Diantaranya penyetoran dari kasir ke Bendahara Penerimaan masih dikumpulkan sampai sore diharpkan kedepan sesuai dengan SK KMA No. 57/ 2019 (adanya pembatasan waktu), kasir, bendahara penerimaan dan operator SAIBA agar melaksanakan rekonsiliasi internal setiap bulan diakhir tahun, serta dituangkan dalam berita acara rekon internal, serta reviu kembali jenis-jenis PNBP yang sudah dipungut dengan disesuaikan dengan PP 5 /2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *