Pengadilan Agama Mungkid
28 Mar

Rabu 27 Maret 2019, menjadi hari yang istimewa bagi Pengadilan Agama Mungkid dikarnakan di hari yang sama PA Mungkid mempunyai dua acara yang penting yaitu Launching e-Court dan Pencanangan Zona Integritas di wilayah Pengadilan Agama Mungkid. Acara diawali dengan diLaunchingnya e-Court. dalam acara tersebut dihadiri oleh para Advokat dan Lembaga hukum di Kabupaten Magelang dan dihadiri Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) beserta tamu undangan. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Mungkid Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. sebagai tanda secara resmi dilaunchingnya e-Court di Pengadilan Agama Mungkid, yang merupakan implementasi Peraturan MA No. 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan naskah kerjasama antara pengadilan agama mungkid dengan BRI Cabang Muntilan.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi e-court yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Ayip, M.H, (Wakil Ketua PA. Mungkid) dalam sosialisasinya beliu memaparkan mulai dari dasar hukum tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-Court) dan tata cara penggunaan e-Court mulai dari register pendaftaran account dalam aplikasi e-court sampai dengan pembayaran (e-Payment) sampai dengan jalannya persidangan dengan aplikasi e-Court. Kemudian acara diakhiri dengan sosialisasi Virtual Account CMS  Oleh BRI Cabang Muntilan.

Sesudah acara lounching e-Court selesai. Acara kedua yaitu pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Mungkid. Acara yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Magelang H. Zaenal Arifin, SIP, serta Kepala kepolisian Resort Magelang, Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Ketua Pengadilan Negeri Mungkid, Kepala kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Komandan KODIM 0705 Magelang, dan  Kepala cabang Bank BRI cabang Muntilan. Acara dimulai pukul 14.00 WIB dengan susunan acara Pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci al-qur’an, Pengucapan Yel Yel oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Mungkid, sambutan ketua pengadilan Agama Mungkid, Penandatanganan naskah pencanangan pembangunan zona integritas, sambutan bupati Kabupaten Magelang, menyanyikan lagu bagimu negeri, pembacaan doa dan penutup.

Dalam sambutannya dari Ketua Pengadilan Agama Mungkid. Beliau menegaskan bahwa Pengadilan Agama Mungkid bertekad untuk membangun Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi, kolusi dan nepotisme juga menuju wilayah pegawai yang bersih dan melayani. Zona Integritas dimaksudkan bahwa kami sebagai pegawai Pengadilan Agama Mungkid berkonsisten dan bertekad dengan teguh untuk bekerja dan memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat dengan dicapainya dari pembangunan zona integritas adalah terbentuknya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di satuan kerja

Kemudian dilanjutkan penandatangan naskah pencanangan pembangunan zona integritas yang diawali oleh Ketua Pengadilan Agama Mungkid, dengan disaksikan oleh Bupati Magelang dan seluruh jajaran FORKOMPIMDA Kabupaten Magelang. Dilanjutkan penandatangan oleh Bupati Kabupaten Magelang  H. Zaenal Arifin, SIP, kemudian dilanjutkan Ketua DPRD Kabupaten Magelang,  Ketua PN Mungkid, Kepala Kejaksaan Negeri kabupaten Magelang, kepala kepolisian Resort Magelang dan Komandan KODIM 0705 Magelang.

 

Bupati Kabupaten Magelang H. Zaenal Arifin, SIP. Mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas langkah dan komitmen Pengadilan Agama Mungkid dalam pencanangan zona integritas sangat penting dilakukan di semua lembaga atau insitusi baik yang bersifat vertical maupun Pemerintah Kabupaten khususnya Kabupaten Magelang. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Mungkid juga memiliki kemanfaatkan bagi Kabupaten Magelang karena akan mendukung upaya yang sama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Beliu juga berharap jajaran Pengadilan Agama Mungkid bisa bersama-sama membangkitkan integritas individu, agar terbebas dari tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Diakhir sambutanya beliau memimpin langsung yel yel Pengadilan  Agama Mungkid yang diikuti seluruh hadirin pencangan zona integritas, yang berbunyi :

  1. MAHKAMAH AGUNG…. “ MAJU “
  2. BADILAG… “ JAYA “
  3. PTA JAWA TENGAH…. “ TERDEPAN ”
  4. PA MUNGKID…. “ APIK APIK APIK LUAR BIASA ”

Acara pencanagan pembangunan zona integritas diakhiri dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Masrukhin, S.H., M.H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *